Budiman salah satu PO
bis yang berada di jalur bis cepat pertama di Priangan Timur. Hali ini
sangatlah tidak mudah dilakukan di area yang biasa dipenuhi bis trayek
cari penumpang. Namun demikian Budiman dengan segala inovasi dan kreasi
serta pelayanan yang ekstra walaupun dengan begitu banyak tantangan dan
hambatan namun setelah 10 tahunan ini PO Budiman mendapat hati dari
pelanggannya. Inovasi dari Budiman adalah dengan pemberangkatan awal di
pool bis yang besar seperti terminal, disana terdapat ratusan bis ke
semua jurusan dari Tasik ke Barat, maupun dari Tasik ke Timur. Kemudian
Budiman melakukan sistem agen di beberapa titik strategis jalur Budiman,
Jadi Budiman hanya menaikkan penumpang di agen-agen yang telah
ditunjuk. Lalu Budiman mengadakan armada dengan minimal kelas bisnis RS
dengan seat 2-2 (kecuali trayek Cikarang dan Sukabumi), Trayek Jakarta
minimal AC Bisnis sampai Eksekutif Toilet. PO Budiman juga memperluas
jaringan trayeknya tidak terpaku pada terminal besar tetapi pada lokasi
yang strategis dan menjanjikan. Di Jabodetabek saja Budiman telah
merambah selain terminal klasik jalur selatan (Kp Rambutan), yaitu
Kalideres, Tanjung Priuk, Pondok Kopi, Depok, Bogor, Poris, Cikokol,
Bekasi dan Cikarang. Sehingga memudahkan konsumen memilih bis sesuai
jurusan. Budiman juga menjadi pelopor di priangan timur dengan layanan
air mineral gratis dan kupon makan untuk jalu ke Timur. Dengan armada
bis bermerk mercy dan volvo maka semakin menambah gagah dan anggun
ditambah karoseri adiputro dan rahayu sentosa. Itulah beberapa dari
inovasi dan kreasi PO Budiman, tapi itu semua tidaklah berjalan dengan
mudah. Contohnya ketika Budiman membukla trayek dekat sebagai pelopor
(Tasik-Bandung) maka hal ini tentu saja ditentang oleh Forum Elf
Banjar/Kawali-Bandung. Sampai mereka demo ke gedung sate dan memblokir
dan memboikot bis Budiman di jalanan. Tapi dengan tekad kuat dan
pelayanan yang memuaskan konsumen maka hal ini reda dengan begitu saja,
karena yang menjadi raja adalah konsumen/penumpang.
Biarkan penumpang memilih moda transportasi yang ia sukai. itulah sebuah kesimpulan dari perjuangan PO Budiman dan boleh dikatakan sebagai tagline atau merek dagan PO Budiman
Biarkan penumpang memilih moda transportasi yang ia sukai. itulah sebuah kesimpulan dari perjuangan PO Budiman dan boleh dikatakan sebagai tagline atau merek dagan PO Budiman
ASK-PASUNDAN JAYA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar